Obat Qalbu

Obat Qalbu

Yahya bin Mu’adz dan Ibrahim Al-Khawash keduanya berkata: “Obat qalbu itu lima perkara: membaca Al-Quran dengan tafakkur, kosongnya perut, shalat malam, bermunajat kepada Allah menjelang subuh dan bermajelis dengan orang-orang shalih.” (Risaalah Fii Dzammi Qaswatil Qalbi, karangan Ibnu Rajab Al-Hanbaliy)

Rumus Manajemen Qalbu 

Berikut ini beberapa rumus atau konsep manajemen qalbu (MQ) yang dicetuskan oleh KH.Abdullah Gymnastiar.

Seni Bergaul
a. Aku aman bagimu
b. Aku menyenangkan bagimu
c. Aku bermanfaat bagimu

(Read more…)

PEMBAGIAN OBAT PENYAKIT HATI: ALAMIAH DAN SYAITAN

 

Penyakit hati itu ada dua macam:

Pertama, orang yang bersangkutan seketika itu tidak merasakan sakit apa-apa, dan inilah jenis penyakit terdahulu, seperti: Penyakit kebodohan, penyakit syubhat dan keraguan serta penyakit syahwat. Penyakit hati ini adalah jenis penyakit yang paling besar, tetapi karena hati telah rusak maka ia tidak merasakan sakit apa-apa. Sebab mabuk kebodohan dan hawa nafsu telah mengha-langinya dari mengetahui penyakit. Jika tidak, tentu ia akan merasakan-nya, sebab penyakit itu ada pada dirinya. Tetapi ia tidak mempedulikan-nya karena sibuk dengan hal lain yang tak ada sangkut pautnya dengan masalah yang ia hadapi. Inilah jenis penyakit had yang paling berbahaya dan paling sulit. Yang bisa melakukan pengobatannya hanyalah para rasul dan pengikutnya, merekalah dokter-dokter dari jenis penyakit ini. (Read more…,)

Al Qur’an Penyejuk Qalbu

Al Ustadz Qomar Su’aidi LCKetahuilah Al-Qur’an itu mengandung obat segala penyakit qolbu . Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “Wahai manusia telah datang kepada kalian mauidzhoh dari Rabb kalian dan penyembuh apa yg ada dalam hati.” .“ Dan kami turunkan dari Al-Qur’an ini sesuatu yg merupakan penyembuh dan rahmat bagi orang-orang mu’min.” .

Segala penyakit qolbu itu bermuara pada syubhat dan syahwat dan Al-Qur’an adalah dapat menyembuhkan keduanya.Asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir As Sa’di rahimahullah mengatakan bahwa Al-Qur’an mencakup obat dan rahmat. Dan itu bukan utk tiap orang tetapi hanya utk orang-orang yang beriman yg beriman dgn Al-Qur’an membenarkan ayat-ayat-Nya dan mengetahui makna-maknanya.Adapun orang-orang dzalim yg tidak membenarkan atau mengamalkannya maka ayat-ayat Al- Qur’an itu tidak menambah kepada mereka kecuali kerugian….Maka penyembuhan Al-Qur’an itu mencakup penyembuhan Qolbu dari syubhat kebodohan pemikiran-pemikiran yg rusak penyelewengan dan maksud-maksud yg jelek, Juga mencakup kesembuhan jasmani dari berbagai penyakit.” . (Read more.,)


  • Trackback are closed
  • Komentar (0)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: